ENTREPRENEURSHIP MIND

Jumat, 20 Agustus 2010

Terjun ke Dunia Bisnis dengan Waralaba

Bisnis waralaba atau yang biasa disebut dengan istilah franchise kini sedang mengalami tren positif. Banyak sekali pilihan waralaba yang bisa Anda - para calon entrepreneur- jalankan. Misalnya, waralaba pengecer Alfamart, Es Teler 77, Londre, McDonald’s, dan sebagainya.

Perlu kita ketahui bahwa banyak pilihan yang serupa dengan waralaba namun sebenarnya lain. Sehingga diperlukan sebuah definisi yang jelas apa itu waralaba. Secara umum, waralaba ialah sebuah kesempatan usaha yang memiliki keunggulan karena sudah terbukti laku di pasaran setidaknya dalam jangka waktu setengah dekade.

Sementara itu, banyak jenis lain yang hampir sama dengan waralaba tetapi masih belum teruji tingkat keberhasilan usahanya (hanya diasumsikan memiliki masa depan yang cerah) karena belum mencapai masa lima tahun. Risiko menjalankan waralaba lebih sedikit daripada risiko menjalankan peluang usaha lain. Mengapa? Karena semuanya umumnya sudah dirancang dengan baik oleh pemberi lisensi dan Anda juga tidak perlu melakukan eksperimen berisiko untuk meningkatkan usaha Anda. Bisnis waralaba sangat cocok untuk para entrepreneur pemula yang ingin mencoba dunia usaha tetapi tidak ingin terlalu mengambil risiko.

Langkah-langkah persiapan:

1. Pelajari dengan teliti latar belakang dan pola kerjasama waralaba yang akan dipilih.
2. Jika memungkinkan, bertanyalah kepada orang lain yang sudah menjalin kerjasama dengan bisnis waralaba itu. Anda akan mendapat masukan baik positif dan negatif mengenai bagaimana pengelolaan bisnis waralaba yang sebenarnya.
3. Ketahui celah bisnis apa yang masih bisa dimasuki.
4. Sesuaikan bisnis waralaba dengan ketertarikan dan kemampuan Anda. Jangan memaksakan untuk membeli waralaba yang tidak sesuai dengan kemampuan dan tidak menarik bagi Anda.

Langkah realisasi:

Setelah membeli lisensi waralaba, Anda umumnya diberi panduan mengenai sistem yang telah ada. Hampir semua cara menjalankan bisnis sudah disajikan oleh pemberi lisensi waralaba. Perhitungannya juga sudah ada jadi Anda hanya tinggal menjalankan saja. Meskipun begitu Anda tidak boleh bermalas-malasan, karena kesuksesan juga bergantung pada kerja keras Anda. Bila menghadapi masalah, Anda bisa meminta nasihat kepada pemberi lisensi.

Langkah pemasaran:

Sebagai bagian dari sebuah jaringan waralaba yang besar, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga, pikiran, dan waktu hanya untuk membuat orang mengenal usaha baru yang Anda sedang jalankan karena semua bisa dilakukan bersama.

Tantangan:

Dengan menjadi bagian dari suatu jaringan bisnis, berarti Anda harus siap untuk menyerahkan sebagian keuntungan Anda untuk pemilik lisensi waralaba. Jumlah setoran tersebut bermacam-macam tetapi biasanya disebut royalty fee (biaya royalti), marketing fee (biaya pemasaran), dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar